Rabu, 14 April 2010 ·

MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA MASUK SEKOLAH

Selama ini perhatian museum kepada pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta masih belum optimal dan harus ditingkatkan lagi. Terutama sekali pelajar yang berada di daerah yang agak jauh dari kota / museum. Mereka belum mengenal museum karena kendala geografis, juga disebabkan karena museum bukan tujuan wisata favorit dan faktor-faktor lain. Kondisi pelajar yang demikian tidak perlu dipersalahkan, karena mereka memang belum mengetahui arti penting sebuah museum. Oleh karena itu museum harus aktif mengunjungi sekolah-sekolah di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan dan memperkenalkan kepada mereka akan arti penting museum bagi pendidikan.

Ada beberapa cara dapat dilakukan oleh museum untuk aktif mengunjungi sekolah, yaitu Program Masuk Sekolah perlu digalakkan dan diintensifkan dengan cara bekerja sama dengan Dinas Pendidikan diseluruh Kabupaten/ Kota se Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Materi yang disajikan dalam kegiatan ini merupakan materi pancingan agar anak-anak menjadi tertarik dan pada akhirnya berusaha mengunjungi museum. Berikut salah satu tugas pokok museum adalah melayani masyarakat untuk tujuan pendidikan, oleh karena itu pelajar harus mengenal, memahami dan mencintai museum. Jika diamati secara seksama sebetulnya sasaran utama yang harus mendapat perhatian lebih agar museum selalu tetap ramai dan dikunjungi, adalah museum harus dikenal, dipahami dan dicintai.

Generasi muda khususnya pelajar harus mengenal, memahami, menghayati dan mewarisi sejarah dan budaya nenek moyangnya untuk dijadikan dasar pembentukan jatidiri. Pelajar harus mengenal terlebih dahulu sejarah dan budaya nenek moyangnya sebelum memperoleh dan mengenal sejarah dan budaya luar. Penanaman nilai-nilai sejarah dan budaya harus dilakukan secara kontinyu kepada pelajar sebagai generasi muda agar identitas dan jatidiri sebagai bangsa Indonesia tertanam dan terpatri secara pemarnen di dalam jiwa mereka. Jika hal ini dapat dilakukan maka generasi tua tidak perlu khawatir bahwa generasi muda akan kehilangan identitas dan jatidiri bangsa yang sudah berabad-abad tertanam di bumi pertiwi Indonesia.

0 komentar:

Museum Benteng Vredeburg

Foto saya
Jl. Jenderal Ahmad Yani 6 Yogyakarta 55121 Telp. (0274) 586934, Fax. (0274) 510996 e-mail : vrede_burg@yahoo.co.id

Museum Perjuangan

Pengikut

 
Salam Sahabat Museum, Yuk Ke MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA, Kita Semarakkan Tahun Kunjung Museum, AYO KE MUSEUM......