Rabu, 14 April 2010 ·

MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA MENYELENGGARAKAN PAMERAN TEMPORER DI SETIAP KABUPATEN/ KOTA SE-PROPINSI DIY

Pada saat ini secara berlahan namun pasti keberadaan museum sudah mendapatkan perhatian dikalangan masyarakat luas. Hal ini merupakan titik terang bagi para pengelola museum yang selalu berusaha untuk senantiasa menyajikan, memamerkan, mengkomunikasikan, mempublikasikan mengenai eksistensis museum pada masyarakat.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh kalangan oleh pengelola/petugas museum agar museum dapat dikenang dan diketahui oleh masyarakat, misalnya melalui publikasi. Cara-cara publikasi dapat dilakukan dengan menyebarluaskan brosur-brosur, liflet-liflet, buku panduan ke sekolah-sekolah, instansi terkait, biro perjalanan, mengadakan pameran, ceramah, diskusi, festival dll.

Berkaitan dengan itu Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai salah satu Museum khusus sejarah perjuangan Nasional yang mengemban tugas pokok dan fungsinya sebagai pelestari nilai-nilai luhur kejuangan serta memiliki tugas-tugas untuk mengumpulkan, merawat, menyimpan, meneliti dan menyajikan benda-benda bukti material dari peristiwa sejarah perjuangan bangsa Indonesia di wilayah Yogyakarta, sebagai sumber informasi, rekreasi, edukasi dan inspirasi kepada masyarakat senantiasa menyelenggarakan pameran Temporer di setiap Kabupaten/Kota se Propinsi DIY.

Dengan pameran ini diharapkan masyarakat dapat melihat secara langsung koleksi-koleksi yang dipamerkan serta mendapatkan informasi yang diperluka dan yang lebih penting masyarakat dapat mengunjungi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Adapun materi pameran terdiri dari foto-foto dan benda-benda realia dan replica yang bernilai sejarah baik mengenai keberadaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta juga mengenai peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di setiap Kabupaten/Kota se Propinsi DIY.





0 komentar:

Museum Benteng Vredeburg

Foto saya
Jl. Jenderal Ahmad Yani 6 Yogyakarta 55121 Telp. (0274) 586934, Fax. (0274) 510996 e-mail : vrede_burg@yahoo.co.id

Museum Perjuangan

Pengikut

 
Salam Sahabat Museum, Yuk Ke MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA, Kita Semarakkan Tahun Kunjung Museum, AYO KE MUSEUM......